Mudah! Cara Melaporkan Pinjol Ilegal Secara Online Melalui 3 Instansi Pemerintah ini

HARIANE – Cara melaporkan pinjol ilegal menjadi informasi yang sangat penting untuk diketahui sebagai langkah mengantisipasi maraknya korban yang terjerat kasus pinjol ilegal.

Adapun jika korban sudah mulai mendapatkan ancaman dari perusahaan pinjol ilegal, maka sebenarnya tidak perlu khawatir karena terdapat sejumlah cara melaporkan pinjol ilegal.

Di mana dalam cara melaporkan pinjol ilegal, masyarakat kini sudah bisa melakukannya dengan mudah untuk lapor kepada instansi-instansi pemerintah terkait.

Lantas bagaimana cara melaporkan pinjol ilegal? Berikut informasi selengkapnya dilansir dari laman Indonesia.go.id

Pengaduan Korban terkait Pelanggaran oleh Pinjol Ilegal 

Sebagai informasi, sejak 2019 OJK menerima banyak pengaduan dari masyarakat terkait pelanggaran yang dilakukan penyedia pinjol ilegal.

Dalam catatan OJK sejak 2019-2021 saja sudah terdapat 19.711 pengaduan masyarakat terkait ulah pinjol ilegal.

Di mana sebanyak 9.270 (47,03%) tergolong pelanggaran berat. Sedangkan, 10.441 pengaduan terkait pelanggaran ringan/sedang.

Bentuk pelanggaran-pelanggaran berat yang paling banyak diadukan masyarakat, antara lain:

– Pencairan pinjaman tanpa persetujuan pemohon

– Ancaman penyebaran data pribadi

– Penagihan kepada seluruh kontak HP dengan teror/intimidasi

– Penagihan dengan kata-kata kasar dan pelecehan seksual

Apabila masyarakat yang terjerat pinjol ilegal  ditagih dengan berbagai ancaman diatas, maka disarankan untuk langsung melapor ke polisi dibanding membayar hutang.

Sehingga saat mulai mendapatkan ancaman dari perusahaan pinjol ilegal, masyarakat tidak perlu panik karena terdapat sejumlah cara untuk melaporkannya.

Cara Melaporkan Pinjol Ilegal 

Adapun pilihan cara mudah untuk melaporkan perusahaan pinjol ilegal yang sering memberikan ancaman adalah dengan menghubungi tiga instansi, diantaranya:

Kepolisian

1. Melaporkan perusahaan pinjol ilegal dengan mengakses situs https://patrolisiber.id/

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com