Cara Mencari Siaran TV Digital yang Hilang di Set Top Box, Mudah Cukup Perhatikan Hal Ini

HARIANE – Sejak siaran TV analog diberhentikan netizen mengeluh di sosial media bahwa beberapa siaran TV sebelumnya hilang. Maka dari itu diperlukan cara mencari siaran TV digital yang hilang di set top box agar bisa kembali menonton siaran favorit.

Cara mencari siaran TV digital yang hilang di set top box sebenarnya mudah dilakukan karena set top box (STB) bisa menangkap sinyal digital.

Dikutip dari kanal YouTube Fox MC yang diunggah pada 12 September 2022 berikut cara mencari siaran TV digital yang hilang di set top box.

BACA JUGA:  Top 5 Daftar Merk TV Digital Terbaik 2022, Lengkap dengan Harga Terbarunya Saat Ini!

1. Pastikan TV analog dan perangkat STB DVBT2  sudah saling terhubung

2. Nyalakan TV Anda lalu masuk ke mode AV. Apabila terdapat beberapa mode AV, sesuaikan dengan koneksi STB, misalnya AV1, AV2, atau lainnya.

4. Setelah kedua perangkat siap, tekan tombol  “Menu” pada remot STB, lalu cari  “Pencarian”.

6. Pencarian siaran ini bisa dilakukan secara otomatis dan manual. Jika ingin mencari otomatis klik “Pencarian Otomatis” dan tunggu hingga perangkat berhasil mencari sinyal siaran TV digital sampai selesai kemudian simpan.

Jika sudah mencari otomatis tapi siaran favorit masih belum ada, bisa mencari ulang secara manual. Perlu diketahui bahwa stasiun TV itu dikelompokkan dalam satu siaran. Sehingga bisa saja saat menambahkan satu siaran ada dua sampai tiga channel stasiun TV. 

Cara mencari siaran TV digital yang hilang di set top box secara manual:

Pertama buka menu kemudian pilih “pencarian” dan klik  “pencarian manual”.

Lalu akan muncul siaran, Frekuensi (MHz), Bandwidth (M), kekuatan, dan kualitas.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.