Tata Cara Shalat Istisqa untuk Meminta Hujan saat Terjadi Kekeringan, Perhatikan Ini saat Khutbah

HARIANE – Tata cara Shalat Istisqa sebaiknya diketahui oleh umat Islam saat kekeringan melanda suatu wilayah.

Tata cara Shalat Istisqa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan shalat Id. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya keinginan agar Allah turunkan hujan bisa terkabul.

Lantas bagaimana tata cara Shalat Istisqa dan apa saja yang harus dilakukan selama proses meminta hujan ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Tata Cara Shalat Istisqa

Kemarau adalah salah satu fenomena alam yang banyak mengundang bencana. Apalagi jika kemarau terjadi dalam waktu yang terlalu lama hingga menyebabkan kekeringan dimana-mana.

Untuk mengatasi hal ini, tentu da berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan rekayasa cuaca yang bertujuan untuk menurunkan hujan ditengah kemarau.

Selain melakukan usaha tersebut, ada hal lain yang bisa dilakukan oleh umat Islam. Yaitu dengan melaksanakan Shalat Istisqa atau biasa dikenal dengan shalat meminta hujan.

Dilansir dari laman Nu Online, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan Shalat Istisqa. Beberapa hal tersebut antara lain :

1. Imam mengajak masyarakat disekitar untuk taubat, banyak beristighfar, bersedekah, meninggalkan kezaliman dan kemaksiatan serta saling bermaaf-maafan dengan orang yang berbuat salah.

2. Melaksanakan ibadah puasa sunnah selama empat hari. Dan Imam bersama masyarakat melaksanakan shalat istisqa di hari puasa yang keempat.

3. Shalat hendaknya dilakukan di lapangan atau tempat lapang lainnya dengan mengenakan baju biasa atau baju sehari-hari yang paling sederhana.