Hari Diabetes Sedunia 14 November 2022, Simak Sejarah, Tema, dan Tips Aman dari Penyakit Gula

HARIANE – Hari Diabetes Sedunia 14 November 2022 telah diperingati sejak tahun 1991 oleh IDF dan Organisasi Kesehatan Dunia sebagai tanggapan atas meningkatnya kasus diabetes di dunia.

Hari Diabetes Sedunia mulasi diresmikan oleh PBB pada tahun 2006 dan ditandai dengan keluarnya Resolusi Perserikatan Bangsa-bangsa 61/225.

Hari Diabetes Sedunia selalu diperingati pada tanggal 14 November karena merupakan tahun kelahiran dari Frederick Banting, seorang penemu insulin pada tahun 1922.

BACA JUGA:  30 Link Twibbon Hari Diabetes Sedunia 2022 Terbaru untuk Ikut Kampanye Global

Tema Peringatan Hari Diabetes Sedunia 14 November 2022

Diwartakan dari laman International Diabetes Federation tema peringatan Hari Diabetes Sedunia 14 November 2022 adalah Access to Diabetes Care.

Pemilihan tema ini bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, saat ini jutaan orang di seluruh dunia tidak memiliki akses pada perawatan diabetes.

Oleh sebab itu, dengan adanya peringatan Hari Diabetes Sedunia diharapkan semua penderita diabetes dapat mengakses seluruh perawatan diabetes serta meningkatkan kesadaran pemerintah untuk mendorong peningkatan infrastruktur dan investasi di bidang diabetes.

Tips Mencegah Diabetes

1. Rutin Berolahraga

hari diabetes sedunia
Ilustrasi Berolahraga.(Foto: Pixabay)

Dilansir dari laman Siloam Hospitals, olahraga dapat mencegah diabetes pasalnya akan meningkatkan produksi insulin dan sensivitas sel-sel dalam tubuh terhadap insulin.

Hal ini akan memberi pengaruh baik pada kadar gula dalam darah sehingga membuat seseorang terhindar dari penyakit diabetes.

2. Menjaga Berat Badan tetap Ideal

hari diabetes sedunia
Ilustrasi obesitas. (Foto: Freepik/jcomp)

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.