Kapan Dana BSU 2022 Cair? Ini Jawaban Kemnaker

HARIANE – Kapan dana BSU 2022 cair menjadi pertanyaan yang sering muncul setelah Kemnaker mengumumkan akan memberikan dana bantuan bagi para pekerja dan buruh.

Lantas kapan dana BSU 2022 cair dan bagaimana proses pencairannya?

Adapun berikut informasi selengkapnya untuk menjawab pertanyaan seputar kapan dana BSU 2022 cair yang bisa disimak dibawah ini.

BACA JUGA:  Syarat dan Cara Cek Penerima BSU 2022, Cair Rp 600 Ribu Bulan Ini

Keterangan Kemnaker Terkait Kapan Dana BSU 2022 Cair

Sabtu, 10 September 2022 Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengabarkan telah melakukan proses pencairan tahap pertama Bantuan Subsidi Upah (BSU) Tahun 2022. 

Di mana dalam proses pencairannya dilansir dari laman pmjnews, dana BSU 2022 ini akan dicairkan secara bertahap untuk diterima para pekerja dan buruh.

Alhamdulillah, malam ini kami telah memproses pencairan dana BSU tahap pertama bagi 4,36 juta orang pekerja/buruh dengan anggaran mencapai Rp 2,61 Triliun,” ucapnya.

Adapun berikut proses pencairan BSU 2022 akan melalui beberapa tahap, yaitu:

1. Dana dari Kemnaker akan diteruskan kepada Bank Himbara selaku Bank Penyalur melalui KPPN.

2. Selanjutnya dana tersebut akan disalurkan kepada para penerima BSU tahap pertama.

3. Para penerima BSU tahap pertama diarahkan terlebih dahulu untuk dapat mengecek di rekening Himbara masing-masing (Mandiri, BRI, BNI, BTN).

4. Berikutnya penerima dapat mengambil dana BSU secara bertahap mulai Senin, 12 September 2022.

Adapun sebagai upaya menjaga ketepatan sasaran dan akuntabilitas dalam penyaluran ini Kemnaker akan melakukan proses verifikasi, validasi, dan pemadanan data sebagai penerima BSU sesuai dengan kriteria yang diatur pada Permenaker BSU 2022.