Manfaat Ngopi Bagi Kesehatan dan Menurunkan Berat Badan

hariane.com – Kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, cara mengonsumsinya harus dilakukan secara benar dengan takaran yang sesuai agar terhindar dari dampak buruk kopi.

Kopi merupakan satu minuman yang paling banyak digandrungi orang. Minum kopi sesaat setelah bangun tidur atau di kala jeda kerja untuk makan siang, terbukti ampuh menyegarkan pikiran dan menghilangkan rasa kantuk.

Bahkan, bagi sebagian orang ‘ngopi’ sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Nongkrong di kafe sekedar untuk menikmati segelas kopi sambil mengobrol dan berdiskusi atau bahkan bergosip dengan teman menjadi ‘aktivitas’ yang makin digemari.

BACA JUGA: 10 Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

Meski demikian, tampaknya tidak banyak orang yang mengetahui manfaat kopi selain pengusir rasa kantuk dan pengusir dahaga yang nikmat. Misalnya, bagaimana kopi bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan otak.

Kopi sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Selain karena memiliki kadar lemak, gula, kolesterol dan karbohidrat yang sangat rendah, kopi mengandung zat asam cholorogenic yang kaya dengan anti oksidan dan mampu membantu menurunkan produksi gula darah.

Artinya, dengan meminum kopi setelah makan, maka produksi gula dan lemak di tubuh akan berkurang. Sementara anti oksidan mampu menjaga tekanan darah.

Tak hanya itu, kandungan kafein pada kopi juga terbukti ampuh untuk menunda rasa lapar. Berdasar beberapa penelitian, kopi juga dianjurkan diminum sebelum olahraga karena kafein terbukti membantu membakar lemak lebih cepat, sehingga latihan bisa berlangsung lebih lama.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com