Industri, Pertanian, dan Pariwisata Jadi 3 Sektor Unggulan Ekonomi Bantul

hariane.com – Sektor Industri, pertanian dan pariwisata menjadi fokus pembangunan yang akan menjadi fokus dan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul. Sebab, sektor Industri, pertanian dan pariwisata merupakan penopang utama perekonomian di Bumi Projotamansari tersebut.

“Roadmap sangat diperlukan sebagai sebagai panduan strategis mengembangkan sektor-sektor unggulan dan mewujudkan visi Kabupaten Bantul,” ujar Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Di Rumah Budaya Tembi, Bantul, Senin 20 Desember 2021.

Menurut Abdul Halim, sektor industri, pertanian dan Pariwisata menjadi penopang perekonomian Bantul jika dilihat dari Product Rational Domestic Bruto (PRDB) atau pendapatan asli daerah. Karena itu, harus ada panduan yang jelas dalam mengembangkan sektor-sektor tersebut.

BACA JUGA:  Datang ke Lapas Wirogunan, Begini Pesan Bupati Bantul Kepada Warganya yang Sedang Ditahan

Potensi 3 Sektor Unggulan Ekonomi Bantul

 “Tiga sektor ini memiliki daya dukung yang sangat tinggi. Baik dari isi internal maupun eksternal. Dari sisi internal, Bantul memiliki SDM yang tangguh. Dari sisi eksternal, dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi untuk mengembangkan sektor ini sangat tinggi,” ujar Abdul Halim.

Selain menyumbang andil yang paling besar dalam PRDB, sektor industri, pertanian dan pariwisata juga merupakan sektor yang paling banyak mendorong daya pertumbuhan ekonomi masyarakat Bantul. Sebab, tiga sektor ini memiliki daya serap tenaga kerja yang sangat besar dengan prospek yang baik.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com