Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023: Targetkan 15 Ribu Peserta, Berikut Syarat Lengkap dan Manfaatnya

HARIANE – Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 angkatan ke-3 dikabarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan kembali digelar.

Di mana program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 ini akan Kemendikbud targetkan untuk diikuti sebanyak 15 ribu peserta dari berbagai kampus.

Berikut informasi selengkapnya seputar program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 yang bisa disimak dibawah ini.

BACA JUGA:  4 Aplikasi Freelance untuk Pemula yang Dapat Dicoba oleh Mahasiswa Hingga yang Sudah Bekerja

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023. (Foto: Kampus Merdeka Kemendikbud)

Program PMM 3 merupakan program pertukaran mahasiswa dalam negeri yang dilakukan selama satu semester dari satu klaster pulau ke klaster pulau lainnya.

Sehingga peserta PMM 3 akan memiliki berbagai pengalaman kebhinekaan melalui keikutsertaan dalam Modul Nusantara, mata kuliah, dan berbagai aktivitas terkait yang bisa memperoleh pengakuan SKS hingga 20 SKS.

Di mana dalam program PMM 3 ini juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa perguruan tinggi akademik dan vokasi untuk mengikuti proses pembelajaran di kampus-kampus perguruan tinggi Indonesia.

Sebagai bagian dari upaya penguatan dan perluasan kompetensi, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebhinekaan dan toleransi.

Sehingga melalui program ini, mahasiswa akan mendapatkan pemahamanan luas tentang keragaman budaya, adat istiadat, suku bangsa, bahasa, dan berbagai potensi kekayaan sumber daya serta potensi lainnya yang dimiliki oleh bangsa dan negara.

Perbedaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 dengan Program Sebelumnya

Kemendikbud menyebut pada PMM 2023 ini terdapat perbedaan dengan PMM sebelumnya, yakni:

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com