Update Daftar Vaksin Booster yang Disetujui BPOM Untuk Usia 18 Tahun ke Atas

HARIANE – Update daftar vaksin booster yang telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjadi informasi yang berguna pada masyarakat Indonesia.

Dengan mengetahui update daftar vaksin booster, masyarakat bisa mengetahui jenis vaksin yang aman untuk digunakan.

Dalam update daftar vaksin booster ini ada jenis vaksin yang bisa sama dengan vaksin primer-nya, namun ada juga yang berbeda.

BACA JUGA:  Bahaya Etilen Glikol pada Obat Sirup, BPOM Lakukan Penarikan terhadap 5 Produk Ini

Berdasarkan akun Instagram resmi BPOM RI, inilah update daftar vaksin booster per 17 November 2022.

Sebelum membahas banyak hal terutama mengenai update daftar vaksin booster, perlu diketahui dulu bahwa vaksin dapat digolongkan sebagai vaksin homolog atau heterolog.

Vaksin homolog adalah vaksin booster yang sama dengan vaksin primernya. Sedangkan sebaliknya, vaksin heterolog yaitu vaksin booster yang berbeda dengan vaksin primernya.

Pada 17 November 2022, BPOM telah memberi update daftar vaksin booster.

BPOM memberikan izin untuk penggunaan darurat atau yang dapat disebut sebagai Emergency Use Authorization (EUA) dari vaksin Inavac.

Vaksin Inavac ini akhirnya bisa dijadikan vaksin booster heterolog dengan vaksinasi primer berjenis CoronaVac.

Karena tergolong sebagai vaksin booster heterolog, jumlah vaksin Inavac yang dapat diberikan kepada calon penerima vaksin yakni sebesar 1 dosis atau 0,5 ml.

Sedangkan penggunaannya dapat diberikan setelah 6 bulan dari dosis kedua vaksinasi primer.

Menurut informasi yang diperoleh dari Instagram resmi BPOM, berikut daftar vaksin booster berdasarkan vaksin primernya yang disetujui oleh BPOM.

Vaksin primer Sinovac:

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.