5 Cara Mengatasi Writers Block, Solusi Tepat Hadapi Kesulitan dalam Menulis

HARIANE – Para penulis wajib mengetahui cara mengatasi Writers Block yang sering terjadi. Ketika menulis, seseorang sering berada pada titik jenuhnya masing-masing.

Cara mengatasi Writers Block jadi salah satu yang sering dicari. Banyak penulis, terutama para penulis pemula yang mengalami kebuntuan dalam berpikir untuk melanjutkan tulisannya.

Berdasrakan penjelasan dari Goin Writers, cara mengatasi Writers Block sebetulnya mudah dan dapat dipraktekkan. Namun, terdapat beberapa alasan seseorang mengalami Writers Block dan kepusingan dalam menulis.

Writers Block adalah kondisi saat seorang penulis mengalami kebuntuan dalam berpikir, dan tidak dapat melanjutkan lagi tulisan yang telah dibuat.

BACA JUGA:  Sempat Raih Dua Medali Emas Surabaya Gagal Juara Umum Renang Perairan Terbuka di Porprov VII Jatim, Selisih 1 Poin dari Malang

Berikut ini adalah beberapa alasan seseorang mengalami Writers Block :

a. Waktu yang tidak tepat untuk menulis, tetapi seseorang memaksakan diri untuk terus menulis.

b. Ketakutan adalah alasan utama beberapa penulis mengalami Writers Block. Beberapa orang takut ketika tulisannya dilihat, dikomentari atau dikritik oleh orang lain.

c. Terlalu menuntut kesempurnaan dalam tulisan, sehingga tulisannya sendiri selalu direvisi dan mengalami kebuntuan berpikir.

Ada beberapa cara mengatasi Writers Block yang dapat dilakukan oleh para penulis, khususnya penulis pemula. Berikut ini contoh cara mengatasi Writers Block dengan cara-cara sederhana.

1. Pergi Jalan-jalan Sejenak

Cara mengatasi Writers Block
Jalan-jalan adalah salah satu cara mengatasi Writers Block. (Foto: Unsplash/Sébastien Goldberg)

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com