Bersih Pantai Jelang Nataru, Wabup Bantul: Kita Jaga Kewibawaan Ngarso Dalem

hariane.com – Ratusan warga dari berbagai kalangan melakukan Gebrak Sampah di Pantai Goa Cemara, Pantai Pandasari dan Pantai Samas, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul. Bersih pantai itu dilaksanakan secara serentak pada Jumat pagi, 3 Desember 2021.

Meski sempat diguyur hujan, kegiatan itu tetap berlangsung dengan dihadiri oleh Kepala Bagian Bina Pemerintahan Kalurahan/Kelurahan dan Kapanewon/Kemantren pada Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, KPH Yudanegara.

Menurut, Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo bersih pantai ini tidak hanya sekedar menjelang Natal dan tahun baru 2022, namun juga sebagai bentuk penghargaan kepada alam yang memberi banyak penghidupan untuk masyarakat Bantul.

BACA JUGA: Jembatan Kretek II Jadi Lambang Budaya Jogja, Bisa Saingi Korea

Lebih dari itu, Joko menyebutkan bahwa kepemilikan kawasan pantai selatan Bantul ini adalah Keraton Yogykarta dengan Sri Sultan HB IX sebagai raja. Sehingga masyarakat harus menjaga pantai yang sekaligus menjaga kewibawaan Ngarso Dalem (Sri Sultan HB X).

“Masyarakat sudah diberi kesempatan oleh Ngarso Dalem untuk pemberdayaan masyarakat sehingga aset keraton ini harus dijaga sebaik mungkin. Kita jaga kewibawaan Ngarso Dalem, Keraton Yogyakarta. Kita harus bisa menjadi “kawulo” yang baik untuk mewujudkan Yogyakarta yang istimewa, Bantul yang istimewa dan Bantul yang Projotamansari,” sebutnya.

BACA JUGA: Cara Urus Jamkesos Cukup Mudah, Begini Langkah dan Prosedurnya

Sementara itu meskipun obyek wisata telah dibuka, termasuk Pantai Selatan Bantul, masyarakat dan pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com