Data PeduliLindungi Bocor dan Dijual USD 100.000, BSSN : Dilakukan oleh Bjorka

HARIANE – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ungkap adanya dugaan data PeduliLindungi bocor.

Yang lebih mencengangkan lagi, data PeduliLindungi bocor tersebut dijual dan diposting di deep web.

BSSN juga mengungkap bahwa dalang dibalik data PeduliLindungi bocor adalah hacker Bjorka yang beberapa waktu belakangan viral di Twitter.

Lantas apa langkah yang dilakukan oleh BSSN untuk mengatasi hal tersebut? Berikut ulasan selengkapnya dibawah ini.

BACA JUGA:  Siapa itu Bjorka? Sebut Akan Bocorkan Data MyPertamina Setelah Surat Rahasia Presiden RI

Data PeduliLindungi Bocor

siapa itu Bjorka
Hacker Bjorka disebut memiliki data surat-surat dan dokumen rahasia Presiden Republik Indonesia periode 2019-2021. (Foto: Breached)

Diwartakan Polda Metro Jaya, Juru Bicara BSSN Ariandi Putra menyatakan bahwa bocornya data PeduliLindungi telah diketahui sejak Selasa, 15 November 2022.

Tim Cyber Threat Intelligence BSSN pada pukul 13.42 WIB, tanggal 15 November 2022 menemukan postingan di deep web pada forum breached.to,” ujar Ariandi Putra.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, tim siber BSSN meyakini bahwa dalang dari kasus ini adalah hacker Bjorka. Tidak hanya membocorkan data PeduliLindungi, Bjorka juga diketahui menjual data tersebut.

Itu dilakukan oleh Threat Actor Bjorka dengan memberikan 40 record sampel data dan menjual data tersebut seharga USD100.000 dalam bentuk bitcoin,” imbuhnya.

Cara scan PeduliLindungi tanpa kuota internet
Cara scan PeduliLindungi tanpa kuota internet sebelum memasuki ruang publik. (Foto: freepik.com)

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com