Gempa di Taiwan Berkekuatan 7,2 SR Porak Porandakan Bangunan, Hingga Jepang Rilis Peringatan Tsunami

HARIANE – Telah terjadi gempa di Taiwan dengan kekuatan 7,2 SR. Gempa ini berhasil memporak-porandakan bangunan bertingkat di beberapa kota.

Perlu diketahui, gempa di Taiwan pada 18 September 2022 merupakan gempa besar ke dua yang terjadi dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

Sebelumnya, telah terjadi gempa di Taiwan pada Sabtu, 17 September 2022 sekitar pukul 21.41 waktu setempat dengan kekuatan 6,4 SR.

Dilansir dari laman Independent, pusat gempa pertama berada di wilayah Taitung bagian tenggara. Meskipun berpusat di Taitung, namun gempa terasa hingga diseluruh negeri.

Bahkan negara tetangga yang jaraknya dekat dengan Taiwan seperti Filipina, Tiongkok hingga Jepang juga merasakan gempa.

BACA JUGA:  Gempa Afganishtan 2022 Tewaskan 1000 Orang, Geologi AS: Gempa Paling Mematikan dalam 20 Tahun

Gempa di Taiwan Berkekuatan 7,2 SR Sebabkan Gedung Roboh Hingga Longsor

Berbeda dengan gempa yang pertama , gempa susulan yang terjadi pada Minggu, 18 September 2022 sore hari berpusat 50 km dari kota Taitung dengan kedalaman mencapai 10 km.

Belum diketahui secara pasti jumlah kerusakan, korban luka-luka maupun korban jiwa yang disebabkan oleh gempa di Taiwan yang terjadi dua kali dalam waktu kurang dari 24 jam.

Namun seorang warga Indonesia yang kebetulan berada di Taiwan sempat mengabadikan momen saat gempa mengguncang Taiwan.

gempa di taiwan
Kondisi Taiwan saat gempa terjadi. (Twitter/sanahashmi1)

Dalam video di kanal Youtube BMI TAIWAN yang diunggah pada 18 September 2022, dijelaskan bahwa ternyata gempa kali ini berbeda dengan gempa yang pernah terjadi sebelumnya.