Uji Coba Identitas Kependudukan Digital di Yogyakarta Mulai Diterapkan Pemkot

HARIANE – Identitas Kependudukan Digital di Yogyakarta atau Digital ID kini sudah mulai diterapkan dalam tahap uji coba oleh Pemkot Yogyakarta.

Di mana dalam penerapan Identitas Kependudukan Digital di Yogyakarta ini akan membuat data terekam dalam handphone menggunakan aplikasi yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adapun berikut informasi selengkapnya seputar penerapan Identitas Kependudukan Digital di Yogyakarta yang bisa anda simak dibawah ini.

BACA JUGA:  885 Layanan Wifi Publik di Yogyakarta Terpasang Secara Gratis Untuk Mendukung Penguatan Ekonomi Warga

Uji Coba Identitas Kependudukan Digital di Yogyakarta

Rabu, 31 Agustus 2022 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta telah melakukan Sosialisasi Adminduk Identitas Kependudukan Digital.

Identitas Kependudukan Digital di Yogyakarta
Uji coba Identitas Kependudukan Digital di Yogyakarta. (Pemkot Yogyakarta)

Kegiatan tersebut ditujukan untuk mulai menerapkan Digital ID tahap uji coba terbatas, yakni di lingkungan ASN Pemkot Yogyakarta.

Pemerintah Pusat pun saat ini secara bertahap telah menargetkan di akhir 2022 agar seluruh warga Indonesia sudah dapat memanfaatkan Digital ID.

Adapun dalam Peraturan Kemendagri Nomor 72 Tahun 2022 disebutkan Identitas Kependudukan Digital merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.