7 Regimen Vaksin Booster Kedua untuk Lansia, Sudah Boleh Diberikan Mulai November 2022

HARIANE – Vaksin booster kedua untuk lansia sudah mulai diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI mulai November 2022.

Tujuan diberikannya vaksin booster kedua untuk lansia ini adalah untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 yang menunjukkan tren peningkatan di Indonesia belakangan ini.

Mengingat kaum lansia merupakan salah satu yang rentan atau berisiko tinggi tertular Covid-19, maka vaksin booster kedua untuk lansia bisa diberikan dan didapatkan di fasilitas kesehatan setempat.

Kemenkes pun memberikan daftar vaksin yang bisa diberikan untuk masyarakat Indonesia berusia di atas 60 tahun disesuaikan dengan jenis vaksin yang diberikan dosis sebelumnya.

BACA JUGA:  Bursa Transfer Januari, Jesus Corona Kembali Dilirik AC Milan

Aturan Vaksin Booster Kedua untuk Lansia dan Lokasi Vaksin

Vaksin booster kedua untuk lansia
Vaksin booster kedua untuk lansia bertujuan untuk mengantisipasi kasus Covid-19 yang mengalami peningkatan. (Ilustrasi: Pexels/cottonbro studio)

Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan Surat Edaran No. HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia.

Dalam surat edaran tersebut dikatakan bahwa masyarakat yang berusia di atas 60 tahun mulai bulan November 2022 sudah bisa mendapatkan vaksin booster ke-2.

Hal ini untuk mengurangi risiko keparahan penyakit hingga mengurangi risiko meninggal dunia jika tertular Covid-19. Pemberian vaksin booster kedua untuk lansia dilakukan karena tidak hanya di Indonesia, angka kasus konfirmasi Covid-19 secara global juga menunjukkan tren naik.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com