3 Fakta Baru Kecelakaan Maut di Tol Bawen Semarang, Terungkap Setelah Penyelidikan Polisi

HARIANE – Fakta baru kecelakaan maut di Tol Bawen yang terjadi pada hari Sabtu, 27 September 2022 ini didapatkan Polda Jawa Tengah bersama Polres Semarang setelah melakukan olah kejadian perkara di TKP kecelakaan yang menewaskan 7 korban jiwa ini.

Sebelum fakta baru kecelakaan maut di Tol Bawen ditemukan, polisi telah membeberkan kronologi lengkap kecelakaan maut ini di sejumlah media.

Inilah Fakta Baru Kecelakaan Maut di Tol Bawen

1. Penyebab Utama Kecelakaan Maut di Tol Bawen

Kecelakaan di Semarang hari ini
Kecelakaan di Semarang hari ini, mengakibatkan jalan terganggu. (Foto instagram/kejadiansmg)

Dikutip dari NTMC Polri, penyebab utama dari kecelakaan maut ini adalah pengemudi mobil Elf dalam keadaan mengantuk dan tidak sehat sehingga mengendarai mobil secara terburu-buru.

BACA JUGA:  Kecelakaan di Tol Bawen Semarang Menewaskan 5 Orang, Mobil Elf Ringsek Parah

Penyebab utama kecelakaan ini didapatkan Polres Semarang ketika mewawancarai saksi-saksi kecelakaan ini. 

Selain dalam kondisi sakit, diketahui sopir mobil Elf mengendarai kendaraannya dengan kecepatan tinggi karena ingin mengejar jadwal padat ke sejumlah lokasi yang telah diterapkan.

2. Truk Fuso yang Ditabrak Melanggar Ketentuan ODOL

Fakta baru kecelakaan di Tol Bawen yang kedua yaitu diketahui truk fuso bernopol BK 8470 SE yang ditabrak oleh mobil Elf melanggar ketentuan ODOL (Over Dimension dan Over Load) dan pelanggaran ketidakabsahan surat KIR truk.

Diketahui, truk fuso membawa beban melebihi muatan yang mencapai 17 ton. Dengan pelanggaran tersebut maka polisi akan melakukan penyidikan pelanggaran dan kemungkinan untuk dilakukannya penindakan.

3. Tidak Ada Upaya Pengereman 

Setelah melakukan olah TKP, polisi menemukan fakta bahwa tidak adanya upaya pengereman oleh sopir Mobil Elf sesaat sebelum terjadinya kecelakaan.

Kronologi Kecelakaan

kecelakaan maut di tol Bawen
Potret Kerusakan Mobil ELF Akibat Kecelakaan Maut di Tol Bawen. (Foto:Website/NTMC Polri)

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.