3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Penting untuk Generasi Serba Digital saat Ini!

HARIANE – Tips menjaga kesehatan mata berikut ini penting untuk diketahui oleh generasi muda yang saat ini hampir 24 jam menatap layar gadget.

Tips menjaga kesehatan mata dapat dilakukan untuk mencegah masalah pengelihatan dan mata minus akibat paparan sinar biru dari gadget.

Penggunaan perangkat elektronik dalam waktu yang lama tanpa disadari dapat menimbulkan efek samping pada mata. Karenanya, tips menjaga kesehatan mata dapat menjadi langkah pencegahan kerusakan mata.

Dilansir dari laman resmi Dinas Kesehatan Sumatra UUtara, berikut tips menjaga kesehatan mata yang mudah diterapkan:

BACA JUGA:  5 Cara Menghilangkan Mata Sembab Setelah Menangis Dengan Cepat, Cukup Lakukan Hal Ini di Rumah

1. Atur Jarak Pandang Mata

Mengatur jarak pandang mata dengan layar gadget penting dilakukan untuk menghindari mata dari efek buruk radiasi.

Jarak yang ideal antara mata dan gadget adalah sekitar 50 – 100 cm dan posisikan layar agar pandangan mata sedikit ke bawah.

2. Gunakan Pelindung Layar Anti Blue Vision

Pelindung layar Anti Blue Vision merupakan salah satu upaya untuk menyaring paparan sinar biru berbahaya yang disebabkan oleh elektronik

Selain menggunakan pelindung layar Anti Blue Vision, pengguna gadget juga bisa menggunakan kacamata pelindung radiasi.

3. Jangan Terfokus pada Satu Objek

Seharian berada di depan layar gadget sudah menjadi kebiasaan generasi muda zaman sekarang. Kegiatan ini memaksa mata untuk terfokus pada layar monitor yang mengakibatkan terkadang mata juga jadi jarang berkedip.

Usahakan, istirahatkan mata selama 20 detik setiap 20 menit menatap layar gadget dengan mengalihkan pandangan dari layar gadget ke objek-objek yang berjarak minimal 20 kaki (6 meter).

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com