4 Tips dan Cara Membuat Puisi untuk Anak SD, Mudah dan Dapat Dipraktekkan di Rumah

HARIANE – Berikut ini tips dan cara membuat puisi untuk Anak SD. Membuat puisi adalah salah satu mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah Dasar (SD)

Tips dan cara membuat puisi untuk Anak SD dapat dipelajari dengan mudah. Beberapa cara jitu dalam membuat puisi berikut ini bisa jadi referensi.

Berdasarkan laman Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), pengertian puisi perlu diketahui sebelum belajar tips dan cara membuat puisi untuk anak SD.

Puisi merupakan karya sastra yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu (Judul, Isi, dan penutup). Puisi dibuat lebih sederhana dari karya sastra lainnya, sehingga diminati banyak orang.

Berikut ini beberapa cara jitu membuat puisi untuk Anak SD. Mudah dipraktekkan ketika di rumah atau di mana saja.

BACA JUGA:  Universitas Muhammadiyah Surakarta Akan Buka Cabang di Seoul, Ini Profil Tongmyong University yang Diajak Kerja Sama

1. Mencari Tema Puisi

Budaya membaca untuk membuat amanat puisi
Budaya membaca untuk membuat amanat puisi. (Foto: Unsplash/Jernej Graj)

Tips dan cara membuat puisi untuk anak SD yang pertama adalah mencari tema. Tema dalam puisi perlu ditentukan ketika awal-awal akan membuatnya.

Tema yang dicari dengan mudah adalah peristiwa yang dekat dengan diri sendiri. COntohnya Tema yang mudah dibuat puisi:

a. Tema Keluarga 

b. Tema Sahabat

c. Tema Alam

d. Tema Kehidupan Sekolah

2. Menentukan Judul Puisi

Tips dan cara membuat puisi untuk Anak SD selanjutnya adalah menentukan judul. Puisi yang telah ditentukan Temanya dapat diberi judul dengan mudah.

Judul puisi akan berkaitan dengan isi dari puisi. Berikut ini beberapa contoh judul puisi yang mudah dibuat:

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.