Pentingnya Olahraga dan Jenis-Jenis Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas gerak manusia yang memiliki tujuan untuk menambah kebugaran dan kekuatan pada tubuh. Menurut Kamus Besar Indonesia (KBBI), Olahraga merupakan aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan dari individu atau tim . Olahraga merupakan hal yang penting untuk perkembangan tubuh. Manfaat ini sangat banyak dan bisa dirasakan oleh tubuh. Selain dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar pentingnya olahraga untuk tubuh juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit pada tubuh. Dibawah ini beberapa manfaat pentingnya olahraga pada tubuh:

  1. Mencegah penyakit store

Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot jantung, Menurunkan kadar tekanan darah, Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Rutin berolahraga mampu meningkatkan kerja jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

  1. Mengurangi stess

Rajin berolahraga mampu membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga kadar stress pada tubuh berkurang. Hal itu dapat menjadi alat yang potensial untuk membantu mengendalikan tubuh. Otak akan melepaskan hormon, termasuk hotmom, endorphin dan neurotrananmitter yang memengaruhi suasana hati.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat olahraga selanjutnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai macam penyakit. Olahraga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dikarnakan ada peningkatan hormon-hormon baik dalam otak, seperti adrenalin, serotonin, dopamine, endorfin. Hormon tersebut dipercaya memiliki peran untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Mencegah Hipertensi

Hipertensi memaksa kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, Untuk menjaga agar tekanan darah di dalam tubuh tetap normal, Lakukan olahraga secara rutin. Dengan melakukan olahraga secara rutin mampu menjaga tekanan darah terhindar dari penyakit. Selain olahraga perlu juga di imbangi dengan asupan makanan kedalam tubuh yang untuk membantu mencegah hipertensi.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.