Kenali 5 Tanda Maladaptive Daydreaming, Bukan Sekedar Khayalan Biasa

HARIANE – Tanda Maladaptive Daydreaming merupakan hal penting yang masih sedikit diketahui publik.

Padahal, gangguan psikologis ini cukup umum diderita oleh masyarakat dunia sehingga untuk pencegahannya publik harus mengenali tanda Maladaptive Daydreaming.

Dikutip dari laman FK UNS, Maladaptive Daydreaming merupakan gejala gangguan psikologi (dalam artian belum tentu tergolong ke dalam penyakit gangguan mental) yang menyebabkan pengidapnya berkhayal dalam waktu yang lama sehingga mengabaikan hubungan dan kewajiban di dunia nyata.

Tanda Maladaptive Daydreaming ini dapat muncul karena kejadian traumatik, trauma pelecehan, maupun akibat dari rasa kesepian yang berlebihan.

BACA JUGA:  7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri dari Sudut Pandang Psikologis

Ternyata penderita gangguan psikologis ini dapat dikenali dengan tanda-tanda tertentu.

Berikut 5 Tanda Maladaptive Daydreaming

1. Berkhayal Tanpa Sadar

Tanda Maladaptive Daydreaming
Penderita Maladaptive Daydreaming Kerap Kali Berkhayal Secara Tidak Sadar. (Foto: Freepik/wayhomestudio)

Dikutip dari kanal Youtube Psych2Go Indonesia, tanda Maladaptive Daydreaming yang paling umum terjadi pada penderita yaitu berkhayal tanpa sadar.

Berkhayal tanpa sadar ditandai dengan pikiran yang melayang tiba-tiba namun dilakukan tanpa kesadaran penuh.

Biasanya, setelah memasuki fase ini, penderita akan hanyut dalam pikirannya dan tidak mempedulikan apa yang terjadi di sekitarnya sehingga melupakan pekerjaan yang sedang dilakukan.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.